Friday, September 5, 2008

KISTA OVARIUM



KISTA
?
Kista adalah suatu istilah untuk bentuk pertumbuhan baru dimana terdapat cairan dalam suatu rongga yang berbatas. Begitulah kira-kira. Atau awamnya seperti sebuah balon yang berisi cairan. Kista ini sebagai salah satu bentuk tumor bisa saja jinak ataupun ganas.

Kista ovarium adalah suatu kista yang berasal dari jaringan ovarium. Selain di ovarium kista juga dapat tumbuh dibagian tubuh lain misalnya di hati /liver, di otak dan di ginjal. Jadi kista memang adalah istilah untuk bentuk tumor saja.

TUMOR?
Tumor sendiri adalah: suatu pertumbuhan baru atau sesuatu yang bertambah besar, dari bagian tubuh kita sendiri yang abnormal. Contoh bentuk yang jinak dan sering ditemui adalah kalau kita terbentur dan bengkak itu juga masuk kategori tumor, namun jelas bahwa tumor seperti ini akan membaik dengan sendirinya sejalan dengan proses penyembuhan, dan tumor seperti termasuk bersifat jinak.

Kista termasuk tumor?

Ya, Kista adalah salah satu bentuk dari tumor. Selain kista terdapat juga bentuk tumor lain, misalnya yang padat sama sekali contohnya pada organ kandungan adalah mioma, tumor kanker leher rahim, dan tumor korpus uteri.

Bagaimana mengetahui kista ovarium jinak atau ganas?

"Standar baku" adalah tetap dengan melihat hasil pemeriksaan laboratorium PA (Patologi Anatomi). Lazimnya setiap organ tubuh yang diambil pada tiap tindakan medis, dilakukan pemeriksaan, apalati suatu tumor, jaringan atau bagian yang diambil atau diangkat, selalu diperiksa di laboratorium. Pengambilan bagian tumor atau bagian dari kista ovarium, pada umumnya dilakukan dengan berbagai cara operasi.

Pemeriksa adalah dokter spesialis patologi anatomi dilakukan di laboratorium patologi anatomi. Pemeriksaan dilakukan untuk mengetahui golongan tumor tersebut jinak atau ganas, dan bila jinak atau ganas, untuk keperluan memberikan terapi berikutnya penting diketahui apa jenis tumornya berdasarkan pemeriksaan histopatologi. Pemeriksaan laboratorium terhadap tumor dan jaringan yang diambil, juga dapat ikut berperan dalam menentukan stadium tumor, yang berguna untuk menentukan terapi selanjutnya juga.

Apakah dapat memperkirakan jinak atau ganas sebelum operasi?

Jawabannya adalah bisa, yaitu dengan pemeriksaan secara seksama oleh dokter spesialis ginekologi. Yang dipertimbangkan biasanya adalah perjalanan penyakit itu sendiri, bentuk tumornya, termasuk mulai dari kontur permukaan tumornya, isi kista tersebut, apakah bersekat atau tidak, apakah mengandung bagian padat. Semua pemeriksaan bentuk atau morfologi tumor kandungan dewasa ini selain dengan pemeriksaan fisik, juga dengan bantuan alat ultrasonografi. Kemudian diperiksa juga apakah tumor atau kista ovarium itu satu atau berasal dari kedua sisi. Kemudian ada juga pemeriksaan yang sering dikenal dengan "tumor markers" atau petanda tumor. Biasanya pemeriksaan ini merupakan pemeriksaan darah, untuk mengetahui misalnya kadar tumor marker, CA 125 (yang merupakan pemeriksaan rutin untuk memperkirakan derajat keganasan tumor ovarium, lalu juga merupakan pemeriksaan untuk "follow up" efek terapi pada kista ovarium).

No comments: